INFO
  •  Selamat Datang di Website Portal OPD Kabupaten Barito Selatan 
  •  Welcome to Barito Selatan 

Dinas Komunikasi dan Informatika

Bidang Komunikasi dan Informatika

Tupoksi Bidang Komunikasi dan Informatika

(1) Bidang Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas menyusun, mengkoordinasikan, membina, mengembangkan, mengevaluasi, mengawasi program dan kerja di Bidang komunikasi dan Informatika.

(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan fungsi :

a. Pelaksanaan rencana kerja Bidang berdasarkan rencana strategis dan rencana kerja Dinas;

b. Pemberian petunjuk, arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. Pempelajarian, menelaah peraturan perUndang-Undangan, keputusan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis program kegiatan Dinas sesuai dengan bidang tugas;

d. Pelaksanaan sistem pengendalian intern pelaksanaan kegiatan agar efektif dan efisien sesuai peraturan perUndang-Undangan yang berlaku;

e. Penerapan standar pelayanan minimal sesuai bidang tugas;

f. Perumusan kebijakan teknis di bidang Telekomunikasi;

g. Perumusan kebijakan teknis di bidang Pengembangan Komunikasi dan Informasi;

h. Pelaksanaan koordinasi dengan lembaga/organisasi internal dan eksternal dalam rangka pengembangan komunikasi dan informasi;

i. Pelaksanaan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan dibidang komunikasi dan informasi;

j. Pemberian pelayanan konsultasi, informasi dan fasilitasi di Bidang Telekomunikasi, Komunikasi Dan Informasi;

k. Pemberian pertimbangan teknis perizinan dan memantau atas penyelenggaraan telekomunikasi khusus untuk keperluan Pemerintah dan badan hukum yang cakupan areanya kota sepanjang tidak menggunakan spektrum frekuensi radio;

l. Pelaksanaan penyebaran informasi publik melalui komunikasi masyarakat;

m. Pelaksanaan penyusunan indikator dan penyusunan kinerja di bidang komunikasi;

n. Pelaksanaan sosialisasi di bidang komunikasi;

o. Pemeriksaan dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik;

p. Pemberian usul dan saran kepada atasan;

q. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan

r. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Seksi Komunikasi Sosial

 (1) Seksi Komunikasi Sosial mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan secara teknis pembinaan dan pelaksanaan di Bidang Komunikasi Sosial.

(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Komunikasi Sosial menyelenggarakan fungsi :

a. Penyusunan rencana program kerja dan kegiatan komunikasi sosial;

b. Penyusunan rencana kebijakan teknis komunikasi sosial;

c. Penyusunan penetapan kinerja komunikasi;

d. Pengumpulan dan pengolahan data lingkup komunikasi sosial;

e. Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan komunikasi sosial;

f. Pelaksanaan pelayanan secara umum;

g. Pengendalian dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional dalam Komunikasi sosial dan penyiaran;

h. Penyiapan bahan dan data pembinaan dan kerjasama dengan kelompok-kelompok komunikasi social;

i. Penyiapan bahan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas;

j. Penyiapan bahan dan data pelaksanaan/pelayanan penyebarluasan informasi pembangunan melalui komunikasi tatap muka dan media cetak; dan

k. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Seksi Pengelolaan Informasi Publik dan Penyiaran

 (1) Seksi Pengelolaan Informasi Publik dan Penyiaran mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan dibidang informasi publik meliputi : Pembangunan dan pengembangan sistem informasi daerah, peningkatan kemampuan serta penetrasian teknologi informasi, pedoman interoperabilitas dan keamanan sistem informasi.

(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pengelolaan Informasi Publik dan Penyiaran menyelenggarakan fungsi :

a. Penghimpunan dan penelahaan peraturan perUndang-Undangan petunjuk teknis pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Seksi Pengelolaan Informasi Publik dan penyiaran;

b. Penyusunan rencana progam dan kegiatan serta pelaksanaan pada Seksi Pengelolaan Informasi Publik dan penyiaran;

c. Pembagian tugas, pemberian petunjuk serta pengevaluasian hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;

d. Penyusunan program dan penentuan jenis – jenis acara siaran;

e. Pengumpulan dan pengolahan berita yang akan disiarkan;

f. Pembagian tugas, pemberian petunjuk serta pengevaluasian hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;

g. Pemberian rekomendasi persyaratan administrasi dan kelayakan data teknis terhadap permohonan izin penyelenggaraan radio dan / atau televisi;

h. Pemberian rekomendasi untuk izin lokasi pembangunan studio dan stasiun pemancar radio dan / atau televisi;

i. Pelaksanaan desiminasi informasi melalui media massa elektronik;

j. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi pemerintah / swasta dalam penyelenggaraan dialog;

k. Penyiapan bahan pertimbangan teknis perizinan peredaran dan pemutaran film, video, cassette disk, laser disk dan produk rekaman lainnya pada tempat karaoke maupun tempat penjualan dan persewaan;

l. Penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Seksi Pengelolaan Informasi Publik dan Penyiaran

m. Penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Seksi Pengelolaan Informasi Publik dan Penyiaran; dan

n. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Seksi Pengembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi

(1) Seksi Pengembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang pengembangan teknologi komunikasi dan informatika meliputi : pemberian rekomendasi persyaratan administrasi dan kelayakan data teknis terhadap permohonan ijin penyelenggaraan radio, pemberian ijin lokasi pembangunan studio dan stasiun pemancar radio dan atau televisi, menyusun rekomendasi atas persyaratan data teknis televisi dan radio, peningkatan kualitas lembaga komunikasi sosial, fasilitasi peningkatan kualitas sarana dan prasarana, penyelenggaraan pelatihan teknis peningkatan kualitas SDM informasi, pemantauan dan pengelolaan informasi pembangunan, dan fasilitasi desiminasi informasi nasional dan daerah.

(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pengembangan Tekhnologi Komunikasi dan Informasi menyelenggarakan fungsi : a. Pelaksanaan rencana kerja Seksi Pengembangan Komunikasi dan Informasi berdasarkan rencana kerja Bidang;

b. Pemberian petunjuk, arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. Pempelajarian, menelaah peraturan perUndang-Undangan, keputusan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis program kegiatan Dinas sesuai dengan bidang tugas;

d. Pelaksanaan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Pengembangan Komunikasi dan Informasi;

e. Pelaksanaan fasilitasi peningkatan kerjasama antar media massa;

f. Pelaksanaan fasilitasi dan pelayanan pengembangan lembaga penyiaran publik serta media pemerintah baik cetak maupun elektronik;

g. Pelaksanaan fasilitasi peningkatan kualitas sarana dan prasarana komunikasi masyarakat;

h. Pelaksanaan pemantauan dan pengelolaan informasi pembangunan dan memfasilitasi desiminasi informasi nasional dan daerah;

i. Pelaksanaan penyiapan bahan penyusunan indikator dan penyusunan kinerja dibidang Pengembangan Komunikasi dan Informasi;

j. Pelaksanaan penyiapan bahan sosialisasi di bidang Pengembangan Komunikasi dan Informasi;

k. Pemeriksaan dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik;

l. Pemberian usul dan saran kepada atasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;

m. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan

n. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Struktur Organisasi

Media Sosial

Sekretariat Daerah



Lembaga Teknis Daerah


Kecamatan