INFO
  •  Selamat Datang di Website Portal OPD Kabupaten Barito Selatan 

Simulasi Evakuasi Kejadian Benjir di Desa Mabuan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah - Jumat, 13 Maret 2020

SIMULASI EVAKUASI KORBAN BENCANA BANJIR

KABUPATEN BARITO SELATAN TAHUN 2020

 

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH 

 

BUNTOK - Sehubung dengan Kondisi meluapnya air Sungai Barito yang semakin meluas / menggenangi wilayah pemukiman masyarakat di Sekitar wilayah Kabupaten Barito Selatan khususnya di Kecamatan Dusun Selatan.

 

Maka Kegiatan Simulasi Bencana Banjir dilaksanakan di Desa Mabuan karena Desa Mabuan salah satu Desa yang Strategis yang berdekatan dengan sungai Barito dan Rumah penduduk, dimana pada musim Hujan Desa Mabuan mudah terkena Banjir dan merupakan salah satu Desa yang posisi dataran Rendah di area Pinggir Sungai Barito.

 

Dengan Kondisi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan khususnya Tim Reaksi Cepat (TRC) menginisiasi kegiatan penyusunan rencana kesiapsiagaan banjir melalui simulasi lapangan untuk ujicoba Tanggap Darurat dan Evakuasi Korban Banjir untuk meningkatkan kesiapsiagaan Bencana Banjir.

 

Tujuan dari Pelaksanaan Kegiatan Simulasi Evakuasi Korban Banjir di Desa Mabuan yaitu Tanggap Darurat Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan  dalam hal Evakuasi Korban Banjir dan Antisipasi keselamatan diri Sendiri,  Keselamatan sesama manusia dalam menghadapi situasi Gawat Darurat khususnya pada musim Banjir.

 

Simulasi lapangan tersebut dihadiri ±50 peserta, mulai dari anggota TRC BPBD, Aparatur Desa, Orang Dewasa,  dan anak-anak.

 

Dalam penyusunan rencana kesiapsiagaan, telah ditentukan beberapa kelompok yang telah dipilih. Dalam kesempatan selanjutnya Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan ditunjuk sebagai komando saat terjadi keadaan banjir serta mempraktikkan peran dan tugas yang harus dilakukan saat terjadi bencana.

 

Dalam simulasi kali ini yang di ujicobakan yaitu :

1.   Mendirikan Tenda Pengungsian, membantu para Korban yang mengungsi agar diarahkan ketenda pengungsian Sekaligus memberikan Pertolongan Pertama kepada Para Korban yang mengalami luka ringan dan sakit.

2.   Pencarian dan Penyelamatan. Mereka mempelajari teknik dasar evakuasi, pemberian pertolongan pertama hingga cara-cara membuat peralatan evakuasi sederhana.

 

Dalam simulasi ini TRC BPBD apabila benar – benar terjadi dalam hal Bencana Banjir maupun Bencana lainnya maka lebih sigap dan tau tugas Fungsi masing – masing tanpa perlu Komando dengan tujuan Penyelamatan Kemanusiaan dan dapat memberikan contoh kepada Masyarakat agar menjadi simbol sebagai Pahlawan Kemanusiaan.

Sekretariat Daerah



Lembaga Teknis Daerah


Kecamatan