INFO
  •  Selamat Datang di Website Portal OPD Kabupaten Barito Selatan 
  •  Welcome to Barito Selatan 

14 Desa di Barito Selatan belum Memiliki Perpustakaan

- Selasa, 2 April 2019

 

BORNEONEWS, Buntok– Berdasarkan data dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, dari 86 desa di Kabupaten Barito Selatan, 14 di antaranya belum memiliki perpustakaan.

 

“Dari 86 yang ada  diwilayah Barsel, sebanyak 72 desa telah memiliki perpustakan. Sedangkan 14 desa sisanya masih belum memiliki perpustakaan desa,” kata Kepala Dinas Perpustakaan Barsel, Hidayaturrahman kepada Borneonews, Selasa (2/4/2019).

 

Sementara itu, total keanggotan perpustakaan daerah kurang lebih 5.700 orang tersebar di sejumlah wilayah di Barito Selatan.

 

Adapun tenaga perpustkaan, lanjut dia, berjumlah 12 orang khusus untuk kabupaten. Sedangkan untuk tenaga perpustakaan di desa telah diberikan diklat atau pelatihan setiap tahunnya.

 

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini terus membina perpustakaan desa. Selanjutnya, setelah pelaksanaan pemilu serentak, Dinas Perpustakaan berencana menggelar pelatihan untuk petugas perpustakaan desa

 

“Sementara itu, untuk perpustakaan desa yang memiliki bangunan baru 28 unit. Sedangkan yang belum memiliki bangunan kurang lebih 50, unit."

 

Menurutnya, dana untuk bangunan perpustakaan desa sudah tertuang dalam UU Nomor 16 Tahun 2018. Dalam aturan itu disampaikan bahwa semua pengeluaran perpustakaan bisa dilaksanakan dengan Dana Desa (DD).

 

 

 

 

Asalkan dana benar-benar digunakan untuk pembangunan perpustakaan desa dan pengadaan bukunya. (URIUTU DJAPER/B-3)

Sekretariat Daerah



Lembaga Teknis Daerah


Kecamatan